Mengenalkan Jenis-Jenis WiFi Standard

Wifi merupakan teknologi yang sudah tidak asing lagi di sekitar kita. Hampir setiap hari kita melakukan koneksi melalui WiFi, baik itu melalui laptop maupun melalui smartphone. Terdapat berbagai macam WiFi standard yang tersedia saat ini sehingga terkadang sering menimbulkan masalah koneksi bagi laptop maupun smartphone. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal tersebut, Dhidin akan menjabarkan untuk teman-teman, jenis-jenis WiFi standard agar teman-teman bias mengatasi masalah tersebut di kemudian hari.

Jenis-Jenis WiFi Standard.
Sebelum membahas berbagai permasalahan yang timbul oleh perbedaan jenis WiFi standard, maka ada baiknya kita membahas terlebih dahulu jenis-jenis WiFi standar yang ada saat ini. WiFi standar ini di buat oleh sebuah organisasi yang bernama WiFi Alliance. Organisasi tersebut adalah kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang tertarik dalam membuat standar umum dari sebuah koneksi wireless internet.

IEEE 802.11 – Ini merupakan standard pertama yang di buat pada tahun 1997. Standar ini mendukung kecepatan hingga beberapa megabits per detiknya. Namun, saat ini standard ini sudah tidak berfungsi dan tidak ada satupun perangkat jama sekarang yang bias menggunakan WiFi standard ini.

IEEE 802.11a – standard ini di buat pada tahun 1999 dan berjalan pada pita 5 GHz. Standard ini di buat pada frekuensi tersebut agar tidak terlalu banyak gangguan dari perangkat lain karena kebanyakan perangkat wireless saat itu menggunakan pita 2,4 GHz. Standard ini memiliki kecepatan hingga 54 megabit per detik. Sayangnya standard ini memiliki kelemahan yang cukup fatal karena keulitan untuk menjangkau area yang cukup jauh.

IEEE 802.11b – standard ini juga di buat pada tahun 1999, namun berjalan pada pita 2,4GHz yang lebih umum. Standar ini mampu mencapai kecpatan 11 megabits per detik, dan standard ini juga merupakan awal mula perkembangan standard-standard yang lain.

IEEE 802.11g – standard ini di buat pada tahun 2003. Selain berjalan pada pita 2,4GHz, standard ini juga memiliki kecepatan hingga 54 megabits. Kelebihan tersebut membuat standard ini di adopsi oleh banyak perangkat. Fersi g ini tetap bertahan hingga sekarang, terutama di gunakan oleh perangkat-perangkat lama yang tidak mendukung versi WiFi standar terbaru.

IEEE 802.11n – standar ini merupakan yang baru di dunia WiFi karena baru di perkenalkan pada tahun 2009. Walaupun tingkat penetrasinya cukup lambat, namun sedikit demi sedikit standar ini mulai di pakai di router dan laptop. Standard 802.11n ini bias beroperasi di pita 2,4 GHz dan 5GHzserta mendukung fitur multi-chanel. Setiap chanel dapat mengirim data dengan kecepatan 150 megabits per detik, sehingga secara total standard ini mampu mengirim dengan kecepatan 600 megabits per detik. Untuk mendukung semua fitur tersebut di butuhkan hadware yang memenuhi di kedua belah pihak, baik router maupun laptop.

Permasalahan yang biasa terjadi :
Sebenarnya, jika teman-teman memiliki dua perangkat dengan WiFi standar yang sama, maka tidak akan terjadi masalah ketika menghubungkan keduanya, baik dari segi koneksi ataupun kecepatan. Masalah yang biasa muncul adalah ketika anda menghubungkan dua perangkat dengan WiFi standar yang berbeda. Hal ini merupakan masalah yang umum terjadi karena banyak perangkat yang menggunakan WiFi standard yang berbeda.

Yang pertama adalah masalah pada WiFi standar 802.11a yang merupakan standar paling unik karena menggunakan pita 5GHz. Oleh karena keunikannya tersebut, standard ini tidak bias digunakan untuk melakukan koneksi dengan versi 802.11b dan 802.11g karena keduanya berada pada pita 2,4 GHzyang dapat melakukan koneksi dengan standard ini adalah standard 802.11a itu sendiri serta 802.11n.

Selanjutnya, WiFi standar versi 802.11b dan 802.11g jarang mengalami masalah karena dapat berkomunikasi satu sama lain lewat pita yang sama yaitu 2,4 GHz. Kedua versi ini juga tentunya dapat terhubung dengan baik dengan versi 802.11n.

Terakhir, si anak emas 802.11n merupakan WiFi stabdard yang jarang sekali mengalami masalah karena mampu terhubung denagn berbagai versi WiFi standard, bahkan untuk yang versi tertua sekalipun.
Oleh karena itu, sebelum teman-teman membeli sebuah perangkat WiFi, sebaiklnya periksa terlebih dahulu versi WiFi standard-nya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan di masa yang akan dating.

 Tabel Spesifikasi Wifi

Spesifikasi Kecepatan Frekuensi Band Sesuai spesifikasi
802.11b 11 Mbps 2.4 GHz b
802.11a 54 Mbps 5 GHz a
802.11g 54 Mbps 2.4 GHz b,g
802.11n 100 Mbps 2.4 GHz b,g,n

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes